3rd ICETD UBL 2014 Disambut Antusias

3rd ICETD UBL 2014 Disambut Antusias – Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali menghelat Konferensi Internasional bertajuk The Third International Conference on Engineering and Technology Development (3rd ICETD) 2014 yang diresmikan pada Selasa pagi (28-10) di Auditorium Gedung Pascasarjana, Kampus Dra. Sri Hayati Barusman UBL. Peresmian ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL), Dra. Sri Hayati Barusman.

3rd ICETD UBL 2014
3rd ICETD UBL 2014

Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu media yang dinanti para akademisi dan ilmuan untuk saling bertukar informasi, ide, dan knowledge khususnya bidang teknik dan pengembangan teknologi terkini.

“Kegiatan ini disambut antusias oleh para akademisi dari berbagai institusi di dalam maupun di luar negeri. Beberapa diantaranya yakni berasal dari Jepang dan Malaysia serta Provinsi lain yang ada di Indonesia,” ujar Rektor UBL.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr. Ir. Hery Riyanto, M.T., mengungkapkan bahwa usai peresmian pembukaan kegiatan 3rd ICETD 2014, dilanjutkan dengan pemaparan paper oleh 6 (enam) orang keynote speakers diantaranya Prof. Dr. Bart Dewancker dari Kitakyushu University, Japan, dengan paper berjudul Towards Low Carbon City Planning dan Prof. Dr. Moses L. Singgih dari Institute Technology Sepuluh November (ITS), Surabaya, Indonesia, dengan paper berjudul Holonic Manufacturing System; Current Development and Future Applications.

Kemudian dilanjutkan Prof. Dr. Erry Yulian Triblas Adesta dari International Islamic University Malaysia (IIUM), Malaysia, dengan paper berjudul Tool Path Strategy Research Contribution on The Indonesian Mold and Dies Industries, serta Dr. Ford Lumban Gaol dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia, dengan paper berjudul Blended Learning.

“Selanjutnya usai lunch, pemaparan paper dilanjutkan oleh Prof. Ir. Totok Rusmanto M.Eng., dari Universitas Diponegoro, Indonesia, dengan judul Development of Applied Technology and Engineering Based Preservation of Local Genius In Developing Countries dan Assoc. Prof. Meftah Hrairi dari IIUM, Malaysia dengan judul Finite Element in Manufacturing Processes,” papar Hery.

Usai pemaparan oleh keynote speakers, dilanjutkan presentasi paper pada sesi paralel oleh Istijabatul Aliyah dari Universitas Sebelas Maret, Indonesia dengan judul Traditional Market Revitalization As An Urban Catalyst In The City of Surakarta dan Deo Kiatama dari Universitas Pelita Harapan, Indonesia dengan judul Minimum System Design of Android Based Pstn Phone.

Dalam kegiatan ini, lanjut Hery, dihadiri oleh Mahasiswa UBL baik jenjang S1 maupun S2, praktisi, Pemerintah dan lain-lain. Rencananya,pada kegiatan esok, beberapa orang keynote speakers dan paper presenters akan mempresentasikan materi dengan kajian bidang masing-masing. www.ubl.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *