FIK UBL & ITB Gelar Seminar IoT

Kepala Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Teknologi Bandung yang bekerja sama dengan Lab. IoT Universitas Bandar Lampung khususnya Fakultas Ilmu Komputer¬†kembali menggelar seminar IoT (Internet of Things)¬† yang dihadiri oleh Kepala SMK seluruh Lampung dengan tema “Membangun Negeri dengan Industri Iot Lampung Jaya Bersama SMK Bisa”.¬†Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK serta Implementasi pembelajaran 4.0 khusunya dibidang IoT.

Seminar Iot menghadirkan para praktisi teknologi informasi dibidang IoT sebagai pemateri yang berasal dari ITB, FIK UBL dan Telkom University.

Seminar dilaksanakan pada kamis tanggal 17 Oktober 2019 di Convention Hall kampus Universitas Bandar Lampung.

Rangkaian acara pada seminar IoT dibuka dengan kata sambutan Bapak Ahmad Cucus, S.Kom., M.Kom selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer UBL, dan dilanjut oleh pemateri yang berasal dari ITB dan Telkom University.

Teknologi IoT sudah sangat populer saat ini, beberapa penerapan teknologi IoT yang paling dekat dengan dunia pendidikan adalah IoT untuk absensi siswa. Kemudian teknologi IoT lain yang paling sering digunakan adalah Smart House yaitu pengendalian peralatan rumah tangga dengan menggunakan Smartphone yang terkoneksi dengan internet. Peralatan seperti lampu rumah, pintu rumah dll dapat dikendalikan baik dihidupkan / dimatikan maupun dikunci atau dibuka hanya melalui Smartphone.

Selama seminar berlangsung para peserta terlihat sangat antusias dengan materi seminar yang disampaikan. Banyak peserta seminar yang memberikan pertanyaan mengenai IoT, bahkan setelah seminar berakhir ada peserta seminar yang mengajak diskusi dengan pemateri mengenai teknologi IoT. Harapannya melalui seminar ini akan muncul karya-karya kreatif anak bangsa yang menggunakan Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *