FIK UBL Tawarkan Solusi Cegah Global Warming Lewat Green IT

FIK UBL Tawarkan Solusi Pencegah Global Warming Lewat Green IT
(29/11) Setelah mengikuti penyaringan yang ketat, Fakultas Ilmu Komputer UBL berhasil menyisihkan puluhan penelitian dibidang komputer yang dipresentasikan dalam Seminar Nasional Ilmu Komputer Gama (General Approach On Multidisciplinary Application) yang digelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 19 November 2011 lalu.

FIK UBL UGM
FIK UBL UGM

Ahmad Cucus perwakilan dari UBL menuturkan, Fakultas Ilmu Komputer UBL berhasil mengirimkan 3 makalah yakni “Aplikasi Mobile Berbasis Agen Cerdas Untuk Negoisasi Penunjukan Langsung” yang dibawakan oleh Marzuki, “Distribusi Dokumen Berbasis Pengendalian Dokumen ISO 9001untuk Mendukung Green Computing” yang dibawakan oleh Ahmad Cucus dan Agus Sukoco yang didampingi Maria Shusanti Febrianti membawakan makalah berjudul “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis AHP Untuk Membantu Pemilihan Media Pemasaran, ‘’ Kami sangat bangga bisa terpilih mempresentasikan 3 makalah sekaligus dalam seminar nasional. Dan ini kali kedua kami mengikuti acara serupa yang sebelumnya digelar di Univeristas Maranatha Bandung pertengahan tahun lalu. Bahkan kami didaulat untuk menerima marchandise sebagai suatu penghargaan atas partisipasi aktifnya dalam kegiatan seminar tersebut, hal ini membuktikan bahwa UBL adalah universitas yang mampu bersaing di lingkungan lokal dan nasional’’ jelasnya.

Dalam presentasi yang dihadiri oleh puluhan universitas dari seluruh Indonesia ini, UBL tampil memukau dalam presentasi yang berjudul ‘’Distribusi Dokumen Berbasis Pengendalian Dokumen ISO 9001untuk Mendukung Green Computing’’ yang dibawakan oleh Ahmad Cucus. Makalah ini dianggap sebagai penelitian yang memberikan wacana baru dengan mengangkat isu global warming dalam dunia IT. Menurut Cucus, saat ini memang dibutuhkan konsep green computing yang mampu mengurangi konsumsi kertas dengan digitalisasi dokumen dan menggunakan sistem pengarsipan elektronik. Dengan di kembangkannya pendistribusian secara elektronik diharapkan konsumsi kertas akan berkurang. ‘’Yang menjadi persoalan saat ini adalah tingginya konsumsi kertas dalam hal dokumen, padahal setiap lembar kertas yang kita gunakan merupakan hasil penebangan kayu produktif. Inilah yang akhirnya memicu penebangan pohon besar-besaran,’’ papar Cucus.

Ditambahkan Cucus, dengan konsep green computing maka penggunaan kertas dapat di perkecil karena semua data berbentuk elektronik dengan format *.pdf. Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Andala Rama Putra Barusman mengatakan kedepannya diharapkan FIK UBL menjadi yg terdepan dalam hal penelitian (research) paling tidak di tingkat provinsi maupun Sumbagsel. Dalam jangka menengah bisa berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.” Saya berharap langkah ini bisa diikuti oleh dosen-dosen lain hingga berkiprah ditingkat nasional maupun internasional,” ujar Andala.

Ditambahkan, Ketua Panitia seminar nasional Agung Prihantono mengatakan, seminar nasional tahunan ini yang melibatkan seluruh praktisi dan akademisi di bidang IT dikembangkan untuk menggali ilmu ilmu baru dibidang IT melalui penelitian dan forum diskusi. [www.ubl.ac.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *