#ITCare2014 Buka Mata Buka Hati untuk Berbagi

#ITCare2014 Buka Mata Buka Hati untuk Berbagi – Mahasiswa identik dengan semangat jiwa pembelajarannya. Mereka pun sering disebut sebagai agent of change (agen pembawa perubahan), social control (pengontrol kebijakan), iron stock (gudang calon pemimpin bangsa), dan the guardian value (penjaga nilai-nilai dalam ranah berbangsa dan bernegara). Banyak harapan yang dibebankan pada pundak mereka. Namun realitanya, tidak banyak di antara mereka yang menyadari tugas dan peran itu dan masih banyak yang memilih asyik dengan dunianya sendiri.

Sebagai bagian yang lebih tercerahkan (enlightenment people) dibandingkan kelompok masyarakat lainnya, mahasiswa seharusnya mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi di sekitarnya. Apa pun yang menjadi minat, keahlian, dan kemampuannya, mereka harus mempunyai kesadaran untuk terus menggali informasi, ilmu pengetahuan, dan membekali diri dengan kapasitas keilmuan yang tinggi, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa dan masyarakatnya.

Bahkan, setiap perguruan tinggi di Indonesia mempunyai Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai dasar perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ketiga nilai tersebut juga harus menjadi roh atau jiwa setiap mahasiswa dalam melakukan setiap aktivitasnya, yaitu mahasiswa harus mempunyai kemampuan mendidik, meneliti, serta mengabdikan diri kepada masyarakat.

Empat tipe mahasiswa:
Pertama, mahasiswa yang pandai namun tidak peduli. Kedua, mahasiswa yang kurang pandai namun peduli.
Ketiga, mahasiswa yang kurang pandai dan kurang peduli.
Keempat, mahasiswa yang pandai dan peduli. Mereka pandai, tidak ketinggalan dengan yang lain dalam hal meraih prestasi akademik, namun mereka juga memilih menceburkan diri dalam aktivitas-aktivitas sosial. Mereka selalu mendalami bidang keilmuannya serta menggali terus potensi yang dimiliki untuk diarahkan pada perbaikan dan kebaikan semua pihak. (Tim Andrie Wongso)

Hal inilah yang melatarbelakangi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HMPS SI) bekerjasama dengan BEM & HMPS TI FIK UBL menggelar aksi sosial.

Kegiatan ini mengambil tema #ITCare2014 “Buka Mata Untuk Mereka, Buka Hati Untuk Berbagi.” Kegiatan ini disambut antusias oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan masyarakat sekitar. Mengambil tempat dilingkungan Kampus A UBL pada tanggal 11 Desember 2014.

Keseruan kegiatan tersebut terurai dalam foto-foto berikut:

IT Care 2014 #ITCare2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *