Kegiatan Senam Irama Membentuk Kebugaran Tubuh

Fakultas Ilmu Komputer – Seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer mengikuti senam bersama yang dilakukan secara rutin setiap hari Jumat. Kegiatan ini dilakukan di Lapangan Futsal Pascasarjana Universitas Bandar Lampung yang terletak di sebelah gedung M Fakultas Ilmu Komputer.

Kegiatan senam ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik psikis maupun secara fisik, setelah tubuh lelah melakukan aktifitas rutinnya dalam melaksanakan tugas dan kuliah, senam merupakan salah satu solusi untuk mengembalikan kelenturan tubuh dan otak. Karena dengan melakukan gerakan gerakan dalam senam serta menguasai teknik gerakan yang tepat dapat menghasilkan gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan Rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan senam itu sendiri, yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan.

Untuk melakukan kegiatan senam tersebut Fakultas Ilmu Komputer secara khusus mendatangkan instruktur senam yang terlatih.

Sebelum melakukan gerakan inti, Instruktur senam memberikan gerakan-gerakan pemanasan untuk melunturkan anggota tubuh agar tidak tegang saat melakukan senam inti nantinya. Berlatih menggunakan musik mulai dari gerakan sederhana menuju gerakan yang lebih kompleks tentunya senada dengan ekspresi tubuh, gerak dan musik.

Selain asyik bergoyang, senam irama juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh terlebih lagi jika kita melakukannya sejak kecil hingga menginjak usia 30 tahunan. Berikut  manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan senam irama

1. Menjaga kebugaran jasmani

Manfaat utama yang bisa kita nikmati dengan rajin mengikuti senam irama ialah memperoleh kebugaran jasmani. Sebab, olahraga yang dilakukan secara teratur akan membantu metabolisme tubuh, memperlancar aliran darah, memperlancar sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh, hingga meningkatkan daya tahan tubuh yang pada akhirnya berkhasiat mencegah diri Anda jatuh sakit.

2. Menjaga berat badan

Cara paling mudah menjaga berat badan ialah dengan melakukan kegiatan fisik. Dengan melakukan senam irama, tubuh akan membakar kalori dan mencegahnya berubah menjadi lemak dalam tubuh.

3. Menghindari penyakit kritis

Penyakit kritis masih menjadi penyebab sebagian besar kematian di dunia. Tak tanggung-tanggung, data World Health Organization (WHO) seperti dikutip oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes) pada Desember 2018 memperlihatkan bahwa penyakit tidak menular (PTM) yang termasuk penyakit kritis masih menjadi 70% penyebab kematian di dunia. Yang termasuk penyakit kritis antara lain stroke, diikuti oleh penyakit jantung iskemik, diabetes melitus, ginjal kronis, kanker, dan hipertensi.

Yang kurang disadari oleh banyak orang ialah, penyakit kritis bisa disebabkan oleh dua hal, yakni faktor keturunan dan gaya hidup. Berdasarkan riset Kemkes, sebagian besar penyebab penyakit kritis di Indonesia ialah karena orang tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, jam kerja yang tinggi, stres, gaya hidup tidak sehat termasuk di antaranya merokok, minum minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan berpengawet.

Karena itu, untuk mencegah diri dari ancaman penyakit kritis, maka kita bisa mulai membiasakan diri beraktivitas fisik seperti mengikuti senam irama. Olahraga secara umum bisa mencegah kitadari nyeri di area tertentu.

4. Lebih bahagia

Yang tak kalah penting, senam irama juga membantu meningkatkan jumlah energi, hormon endorphin, dan hormon serotonin di dalam otak, yang pada akhirnya bisa membantu kita memperoleh kesehatan mental. Kemampuan mengelola stres dan mood yang baik akan membantu kita untuk memperoleh produktivitas yang tinggi baik dalam pekerjaan maupun dalam peran kita di keluarga.

 

Gimana, jadi tambah semangat ikut senam irama khan? Ingat, rutin melakukan senam irama akan membawa banyak manfaat bagi diri kita, di antaranya kebugaran jasmani, berat badan terjaga, fungsi seksual sehat, terhindar dari penyakit kritis, dan lebih bahagia. Terus semangat ya buat ikutin senam irama yang bakalan diadakan setiap hari jumat di lapangan futsal Pascasarjana Universitas Bandar Lampung!

SALAM TEKNOLOGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *